HaRi gini nAiK sEpedA? SiaPa takUT?!

22 07 2008

 Yogyakarta, yang dulu kita kenal dengan sebutan Kota Sepeda, pantas iri terhadap kota-kota di Jerman.

Di negara semaju ini, kesadaran masyarakat untuk menggunakan angkutan yang lebih sehat dan hemat energi begitu tinggi. Jamak terlihat orang-orang memakai sepeda menuju tempat pemberhentian angkutan umum. Mereka yang bepergian ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh juga cenderung menggenjot kereta angin.

Kita juga layak iri pada pemerintah kota-kota di Jerman yang memberi perlindungan besar kepada pemakai sepeda. Mereka bisa melaju tanpa hambatan di kaki lima yang lebar. Sepeda, seperti halnya anjing dan kereta bayi, boleh dinaikkan ke angkutan umum, apakah itu trem, subway, atau bus kota. Biasanya sepeda mendapat gerbong paling belakang.Di jalan tol, sepeda bebas melintas dengan tenang. Mobil harus bersabar di belakangnya sampai ada ruangan yang lega untuk mendahului tanpa membahayakan pengayuh sepeda. Kebutuhan sepeda yang tinggi membuat pemilik harus waspada menguncinya karena bisa diserobot orang yang lagi terburu-buru.

Klo di negeri kita…

 

 

sepeda sudah berubah fungsi dari alat transportasi menjadi mainan anak-anak dan sarana olah raga serta rekreasi. Bisa dimengerti karena bersepeda di kota besar, macam Jakarta, sungguh tidak aman.Pengendara harus bersaing dengan pemakai jalan lain, dari sepeda motor, mikrolet, metromini, bus kota, sampai mobil pribadi. Padahal, sejak zaman Orde Baru dulu, gembar-gembor untuk kembali bersepeda terus-menerus didengungkan.

 

 

 

-Lj-

 

 

 

 


Actions

Information

29 responses

22 07 2008
Titah

Seru juga kalau di Jakarta bisa naik sepeda ke tempat yang ingin kita tuju. Sebenarnya sih sudah ada hari2 tertentu jalan protokol khusus untuk sepeda.
Tapi lebih asyik kalau bisa bersepeda setiap hari (agar badan tetap sehat dan alam pun tetap lestari). Perlu tuh ada aturan lalu lintas agar kita dapat dengan aman dan nyaman bersepeda ^_^
YUk bersepeda!
Tapi belum punya sepedanya nich, jadi nebeng dulu ya?

22 07 2008
subpokjerman

aduh titah..titah..bagemana ini jadinya klo orang yg ngajakin bersepeda tp ga punya sepeda..haha..bcanda..
Buat inisiatifnya oke lah..patut dicontoh..
tapi titah yakin&rela naik sepeda dari rumah ke kantor?!think twice lho..itu mungkin yg bwt orng2 di kota metropolitan kaya kita (kita?!lo aj kali gw ga!)hehe..berpikir dua kali untuk bersepeda setiap hari..
anyway,thanx buat kometarnya..

24 07 2008
hafid

naek sepeda!!!!!!!!!

Seru juga

tapi mungkin ga, kita naek sepeda d jakarta????

bisa2 kena penyakit pernafasan, krn polusi udara

24 07 2008
bunga

emang sh bgus jg klo di jkrta org2ny pke ato naek spda lg ky jman dlu….
cos lbh seht bkin jkt qt jg jd lbh g bnyk polusi……
sumpek tau jakarta ky gni,,,,,
btw artikelny bgus klo bs cr donk ap yg di gunkan di negara laen wat bkin udara di kota besar ky jkrta bs bersh lg…………..
thx bepor,,,,,,,,,,,

24 07 2008
subpokjerman

terima kasih atas commentnya bunga

dikesempatan yang akan datang akan kami artikel yang sama tentang kendaraan yang terdapat di negara2 lain

24 07 2008
subpokjerman

terima kasih atas commentnya hafid

kita hanya dapt berupaya untuk mengurangi polusi, tetapi hal itu juga harus di dukung peran aktif dari seluruh masyarakat

24 07 2008
winda

naik sepeda?!aahh..maaLLLAAAyyyzzzz…bangeeettTTzzZZZ…dari rumah gw di Depok Lama ke Margonda puLaa..aggghhh..
sebenernya sih Our beloved Rektor ui ud bikin peraturan tentaNG Go Green with biking di kampus..upaya melestarikan LingkUnGan..tapii gw RasA mesti ditinjaU ulang dEE..gmn kLo orng2nya kya Gw smuAA..hahahah..

24 07 2008
winda

gw setuju banget ama hafid..naik motor aj yg pake helm masih suka disemprot gas buangan bis2 metromini..apalagi naik sepeda yg buat gw itu riskan bgt..mnurut gw..alat transportasi yg lain dulu dibenerin..metromini ama kopaja tuh dimodalin..biar outputnya bagus,inputnya jg mesti bagus..

24 07 2008
putro

weits..aku alumni UII jogja lho..memang di kota pelajar itu sudah terbiasa mengendarai sepeda..TAPI,,masih kalah toh sama kota2 di JERMAN?!HIHIHIIH..
Kerja keras ni untung tetap bersaing..

24 07 2008
putro

oopppsss salah..kerja keras ni UNTUK bersaing bukan UNTUNG!HIHIHHH

24 07 2008
DIANDRA MAHARANI

aku salute untuk alert yg diposting sama subpok jerman ini..mengingat aku adalah salah satu anggota BIKE 2 WORK untuk cabang BINTARO..TETAP PROMOSIKAN TERUS YA GO GREEN WITH BIKING!udah ga tahan toh liat kondisi lingkungan yg carut marut karna kepulan asap?!SO,GO BIKE..GO GREEN!
Salam kenal _diandra

24 07 2008
DIANDRA MAHARANI

anyway,sering2 juga ya liat situs kita..biar indonesia lebih cerah..
dan tetap sebarkan misi penghijauan lingkungan!
INDONESIA,LOVE BGT!

25 07 2008
subpokjerman

aduh cinta sekali dengan anda2 sekalian yg masih peduli juga terhadap lingkungan kita…
TETAP SEMANGAT!INDONESIA BISA!

25 07 2008
subpokjerman

Spesial banget untuk mba DIANDRA,sekali2 kita dari subpokjerman di PUSBAHASA DEPHAN diundang ya klo GO GREEN lagi ngadain acara..Biar kita tetap bisa menjalin silaturahmi antar pecinta lingkungan..trims!

27 07 2008
BIKEHOLIC

SETUJU!
Emg saatnya warga2 kota jakarta mulai peduli dgn lingkungan dengan mengendarai sepeda roda dua!!!hidup sepeda!!!!

27 07 2008
BIKEHOLIC

Sepeda..cocok untuk kamu2 yg suka dengan sesuatu yg berbau simple dan minimalis..ga ribet dengan kepulan asap dan bulak balik servis di bengkel&mesti ngeluarin duit ratusan ribu untuk perawatan..Cukup cuci saat weekend..kasih pelumas di jari2..BERES DEH!!
OKe bgT emg artikelnya!
HIDUP SEPEDA…………………

27 07 2008
Levi

gw punya pengalaman yang menyedihkan saat gw berkendara di sekitar jl.sudirman beberapa waktu yg lalu..gw merasa udah mengendarai di jalur yg sudah diJATAH ama pemerintah buat ngendarain sepeda..tapi tiba2 ada mobil geblek yg jalan ngebut tanpa peduliin gw dan be2rapa pengendara sepeda lain yg melintas disitu..dengan tak disangka air yg tergenang cukup banyak&kotor itu melekat di seluruh baju yg gw pake pagi itu..alhasil gw rada kapok buat naik sepeda lagi..jadi gw minta banget ni pemerintah buat perhatiannya..KASIH JALAN ATAU JALUR YG FLEXIBEL&NYAMAN BUAT PENGENDARA SEPEDA!OKKEEYY!!THANX

27 07 2008
subpokjerman

oh..tut mir Leid! sorry to hear that,Levi..
trima kasih kamu udah mau berbagi dengan kita semua tentang pengalamanmu berkandara sepeda..
mudah2an semua harapanmu bisa didengar oleh yg berhak dan berkewajiban mendengar..sebagai warga negara indonesia yang baik kita juga ingin pemerintah memberikan perhatian yang ekstra untuk para pejuang lingkungan sejati..TETAP SEMANGAT!

27 07 2008
subpokjerman

salut untuk “bikerholic”..!sepertinya kamu cinta mati sekali ya dengan kendaraan roda dua ini..

29 07 2008
Gina

sepeda…asik..seru..maknyuzzz…
hidup bersepeda!

1 08 2008
subpokjerman

Ayo kita budayakan bersepeda di Jakarta tercinta, agar kota kita bersih dan sehat

3 08 2008
subpokjerman

Tentu kita semua akan hidup lebih sehat dan tenang bila saja seluruh warga punya kesadaran untuk memperbaiki kotanya dengan menjadikan bebeas pulusi, caranya ya dengan bersepeda🙂

5 08 2008
Yoga

budyakan b’speda sprti org dlu,,,,
sht2 n pnjg umur n udra brsh,,,,,,
sy sring liat tuch org2 yg krja d daerh kuningan n palagi prnh liat anak SMu,,,
kren bgt,,,,sy blg mreka pduli dgn kshatan n lingkungan…..
MERDEKA,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,back to NAture

5 08 2008
mayang anggini

owhh..sepedahan?!cape ahhh…pgel2…eigentlich,bin ich ziemlich unsportlich..hehe..that’s why gw malas skali naik sepeda..

6 08 2008
subpokjerman

bwt : mayang
terimakasih dh komen d blog qt
klo saya bisa bilang, de mayang tdk suka naek sepeda,,,,,,,
wah harusnya de mayang suka dengan sepeda, supaya betismu jadi besar,,,

6 11 2008
sulaiman

Olahraga bersepeda adalah olahraga sehat no.3 setelah berenang dan lari cepat, disamping bisa dijadikan sarana bersantai, tapi di Indonesia keamanan bersepeda kurang diperhatikan, sungguh memperihatinkan.

10 11 2008
subpokjerman

Jadi harus bagaimana donk Pak Leman?

30 11 2008
wonggoblog

yoi bos, tapi di indonesia, sepeda juga gampang ilang

13 01 2009
mr.t

hmmm …keamanan? heheh kalau parkir sepeda nggak dikunci ya pasti ilang..terus kalau dah dikunci masih ilang juga itu nasib namanya….yang penting sudah usaha…kan sudah ada yg mengatur semuanya nggak usah mengeluh…. heheh jadi selama kita menyimpannya dg benar inysa Allah aman..so genjot terus….kalau mau lebih rame lagi masukkesini dong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: