Bundesliga melarang pemain ke Olimpiade Beijing

21 07 2008

Gesekan kepentingan antara klub-klub sepak bola di Jerman dan Olimpade Beijing semakin panas. Keduanya saling ancam akan memberikan sanksi satu sama lain yang mengorbankan karier pemain.

Klub-klub yang tergabung dalam Bundesliga menegaskan pendiriannya menolak mengirimkan pemain ke Olimpiade. Tim itu antara lain Schalke, Werder Bremen, dan Hertha Berlin. Larangan ini merupakan hak mereka sesuai peraturan FIFA. FIFA memang telah memberikan mandat kepada klub untuk melarang atau membolehkan pemain usia 23 tahun ke bawah bermain di turnamen olahraga multicabang itu.

HS

Sikap klub-klub tersebut ternyata juga mendapat dukungan dari badan liga sepak bola Jerman atau DFL. DFL mendukung klub melarang pemain bermain di luar klub selama lebih dari empat pekan. DFL menyebutkan, Olimpiade tidak termasuk dalam daftar turnamen internasional yang dikeluarkan FIFA sehingga mereka tidak memiliki kewajiban untuk melepaskan pemainnya ke turnamen empat tahunan tersebut.

Langkah DFL ini rupanya mendapat sokongan dari asosiasi sepak bola Jerman atau DFB yang memberikan kesempatan kepada DFL untuk menanyakan langsung kasus tersebut kepada FIFA. Sayangnya, FIFA sendiri belum memberikan jawaban atas polemik ini.

Mendengar hal itu, Presiden Komite Internasional Olimpiade atau IOC, Jacques Rogge meminta klub agar mau merelakan pemain yang ingin berlaga di Olimpiade. Rogge bahkan mengingatkan, jika klub tak mau melepas pemainnya, klub tidak dapat menurunkan pemain tersebut dalam kompetisi apa pun selama Olimpiade berlangsung.

DFL menyerang balik peringatan itu dengan menyatakan bahwa pemain yang bermain di Olimpiade tanpa seizin klub akan kehilangan haknya bermain di Bundesliga.

“Kami kini sedang mencari tahu apakah pemain yang pergi ke Beijing tanpa izin dari klub dapat dihukum akibat ikut Olimpiade,” kata Wakil Presiden DFL, Holger Hieronymus.

Karut-marut urusan tersebut rupanya tak meluluhkan hati Rafinha. Defender Schalke itu menegaskan, ia akan tetap membela Brasil di Beijing meskipun mendapat tentangan keras dari General Manager klub, Andreas Muller.

“Aku tidak yakin akan terbang ke pusat pelatihan bersama Schalke pada Senin (21/7). Sebaliknya, pada Selasa (22/7) aku akan terbang ke Olimpiade bersama Brasil,” tegas pemain berusia 22 tahun tersebut.

Masalah serupa juga dihadapi Werder Bremen yang ingin mempertahankan Diego. Klub-klub tersebut harus mempertahankan pemainnya mengingat Bundesliga akan bergulir bersamaan dengan Olimpiade.

Masalah yang sama juga terjadi di Spanyol dan Italia. Barcelona menolak Lionel Messi dan Ronaldinho (kini membela Milan) pergi ke China, demikian pula AC Milan yang melarang Ricardo Kaka dan Alexander Pato membela Brasil di Beijing

 


Actions

Information

10 responses

22 07 2008
kepegawaian

Pak… sekali-kali dong liga Pusbasa dan anggota skuadnya ditampilkan
thx, yaaaa.

22 07 2008
subpokjerman

terima kasih Bapak Budi Santoso..glad to hear that..
iya juga sih,seru juga klo ditampilkan di blog ini..tapi blum ada gosip yg heboh&bikin sensasi ni dari liga Pusbasa Dephan..hehe..klo ada pasti langsung dimuat deh..jadi headline malah..!!oke?!:-)
danke!

24 07 2008
hafid

memang banyak pro dan kontra mengenai rencana pemain yang membela klub-klub di liga eropa mengenai keinginan mereka mengikuti olimpiade di beijing

kalo gitu rekrut aja pemain indonesian super league aja
mereka pasti bersedia

bagaimana?

24 07 2008
winda

aPa,peMAin IndoneSiA?!ga saLah DenGEr nIe..hehe..walaupun saya seorang perempuan dan tidak paham2 banget soal PERSEPAKBOLAAN..Tapi setahu gw pemain lokal kita mah masih jauuuuuhhhhh….hehe(tanpa bermaksud merendahkan) gw mah kurang simpatik ah..abis gitu2 doank…hihihi…PEACE!

24 07 2008
hahns

haduh,pemain indonesia..ogah ah..ntar malu2in lagi..hihi..

24 07 2008
hahns

eh emng di liga eropa lagi heboh2 apa sih?

5 08 2008
rafiq

Menurut saya, ajang olimpiade buat yang junior aja lah, bukan yang main di liga profesional. Kan udah ada Piala dunia junior dan senior. Sepakbola olimpiade buat yang 23 tahun ke bawah aja, setuju ga?

5 08 2008
Sahril

Kalo sepak bola saya kurang mengerti, nendang bola aja baru belajar neh. Ngomong-ngomong olimpiade kan banyak cabang yang lain, jadi coba beri artikel tentang olimpiade yang bukan sepak bola. Kan sekarang lagi demam olimpiade di Beijing.

6 08 2008
jane

kenapa para pemain bola internasional gmo ambil bagian dlm festifal olhraga olimpiade di beijing y?
apa kurang bergengsi kejuaraan tersebut,,,,?
jika para pemain internasional trsbut trut ambil bag. akn kah lbh menarik?
dan penontony akn smkin bnyk,,,,,

17 09 2008
subpokbarab

Selamat menjadi pengamat persepakbolaan dunia, tetapi bagaimana dengan fanatisme persepakbolaan di kita, menghawatirkan , selalu terjadi kerusuhan-kerusuhan, solusinya perlu difikirkan dan tayangkan dalam blog ini biar lengkaaaaaaap deh. Syukran shahibatii.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: