Rencana Pidato Obama Ditentang Kanselir Jerman

19 07 2008

BERLIN, JUMAT – Kanselir Jerman  Angela Merkel menentang permohonan dari calon presiden Amerika dari partai Demokrat, Barack Obama, untuk berpidato di Gerbang Brandenburg yang bersejarah itu di Berlin.

Juru bicara Merkel mengatakan, Rabu (9/7), tidaklah biasa bagi seorang politisi Amerika menggunakan tempat bersejarah itu untuk kepentingan kampanye pemilu.

Namun, Menteri Luar Negeri Jerman Minster Frank-Walter Steinmeier mengatakan, ia tidak sependapat.  Dalam wawancara dengan surat kabar Franfurter Rundschau, Steinmeier mengatakan, Amerika Serikat memberi sumbangan yang menentukan untuk menyelamatkan Berlin dan tempat-tempat bersejarah hendaknya dibuat terbuka bagi orang Amerika. Pemerintah kota Berlin adalah pihak yang berwenang menentukan apakah akan mengabulkan permohonan Obama saat berkunjung ke Jerman bulan ini.

Gerbang Brandenburg abad ke-18 menjadi lambang penyatuan kembali Jerman pada masa dan setelah Perang Dingin. Presiden Amerika John Kennedy mengeluarkan ucapannya yang terkenal, Ich bin ein Berliner” pada tahun 1963.  Presiden Amerika Ronald Reagan juga menuntut pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev agar meruntuhkan Tembok Berlin sambil berdiri di gerbang itu tahun 1987.


Actions

Information

7 responses

20 07 2008
winda aprilia

well,it’s a complicated case..buat gw sih ini suatu pilihan yang ga mudah untuk pemerintahan jerman untuk tetap mempertahankan ideologi tanpa mengesampingkan rasa terima kasih kepada pemerintah amerika yang telah berjasa menyelamatkan kota berlin..klo menurut gw sebagai mhsswa,gw mah ga ikut2an..haha..kerjaan gw cm blajar b.jerman buat kuliah biar cpt lulus..hahaha..
brarti intinya gw ga ngasih way out atau pendapat ya?!hadooohh..
Bagaimana ini?!saya jg bingung…:-p

20 07 2008
winda aprilia

any way..apa kabar herr popon?masih ingat dengan saya winda,temannya mayang yg waktu itu ketemu di Goethe Institute?
saya lupa mau ucapin terimakasih buat bantuannya selama saya dan mayang ada tugas Ubersetzung..mudah2an tidak lekas bosan ya buat m’mbantu kita klo lagi buntu…
danke!

21 07 2008
subpokjerman

well,,meski ga ada way out atau pendapat dari winda untuk artikel ini,kita tetep ngucapin terima kasih untuk respon yg udah dikasih..
iya,saya ingat..kamu yg kecil dan imut2 itu khan?!..hehehe…26x

24 07 2008
hafid

kalo obama dilarang tuk pidato di dpan brandenburgertor

datang saja k indonesia

tuk pidato d dpan monas

24 07 2008
subpokjerman

terima kasih atas commentnya hafid

ide bagus
mengingat obama pernah tinggal di Indonesia

24 07 2008
winda aprilia

pidato di monas?!
ntar di demo FPI…:-)

24 07 2008
winda aprilia

iya,aku tahu itu..obama pernah tinggal di indonesia..tepatnya di daerah menteng,tempat aku dibesarkan duluu..hehe..jadi enak..;-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: