OKTOBERFEST

10 07 2008

OKTOBERFEST

Pesta Minum Bir ala Bavarian

Jutaan orang berkumpul di Lapangan Theresien Muenchen. Bak karnaval para pengunjung ini datang dengan mengenakan ´tracht- pakaian tradisional ala Bayern. Meskipun tak ada peraturan yang mengharuskan. Tapi mereka bersedia mengeluarkan uang lebih dari 100 Euro dari dompetnya untuk kelengkapan outfitnya buat datang ke Oktoberfest. Ini semua karena ingin memeriahkan acara sekaligus menikmati Bier Bavarian asli di Pesta Rakyat kota Muenchen.

 

Nama Oktoberfest bukan sekedar nama atau gelar, karena acara ini cukup sarat dengan nilai sejarah. Paling tidak sejarah negara Bavaria di jamannya. Acara ini berawal dari tahun 1810 ketika Putra Mahkota Ludwig Karl August (putra Raja Maximiliam I) merayakan pesta perkawinannya dengan Putri Therese von Sachsen- Hildburghausen. Putra Mahkota ini kemudian dinobatkan menjadi Raja Ludwig I, yang memerintah Bayern (1825-1848). Pesta perayaan ini tepat diadakan pada tanggal 12 Oktober tahun 1810. Agar rakyat bisa ikut merayakan kegembiraan sang Putra mahkota, maka diundanglah seluruh warga ke sebuah lapangan rumput di depan pintu gerbang kota. Rakyat di suguhkan minuman bir dan roti dengan cuma-cuma. Supaya acara ini terasa lebih sporti maka Ludwig I juga menyelenggarakan acara balap kuda. Yang kemudian oleh Mahkamah istana diputuskan acara balap kuda yang dihadiri seluruh keluarga kerajaan ini dijadikan acara tetap tahunan. Dan acara ini menjadi ´Oktober-Feste´ alias Pesta Oktober- sejalan dengan waktu berubah menjadi Oktobefest. Sedangkan Lapangan rumput tempat diadakannya acara, diresmikan sebagai Theresienwiese atau lapangan rumput Theresien. Tapi bagi warga Muenchen acara ini lebih akrab disebut, ´Wiesen´atau Wies´n -yang merujuk ke perayaan tersebut.

Oktoberfest memang bukan pesta biasa karena memiliki berbagai upacara dan prosesi. Dimulai dari peresmian gerbang utama, kemudian ada acara „umzug” atau acara pin- dahan. Umzug ini acara pindahan yang diikuti para peserta gastronomi dan bierbrauerei (produsen bir) Muenchen. Menariknya, karena kereta kuda pengangkut puluhan Fassen (gentong bir) ini cantik dihiasi ragam bunga atau umbul-umbul. Dengan rombongan wanitan yang mengenakan ´drindl´ atau baju tradisional khas bavaria. Sementara yang pria mengenakan celana kulit selutut atau celana pendek kulit dengan kaos kaki panjang yang jadi khas “negara” Bayern dulu. Trachten- und Schützenzug atau prosesi kostum dan persatuan pemburu juga selalu jadi tontonan menarik. Acara ini pertamakali diadakan tahun 1835 untuk menghormati dan merayakan pesta perkawinan Perak Raja Ludwig I dan Therese von Bayern. Tapi baru tahun 1950 dijadwalkan sebagai acara tetap sebelum menjelang Okotberfest. Tahun ini prosesi dimulai tanggal 23 September sejak jam 10 pagi.

 


Actions

Information

5 responses

11 07 2008
beduuu

mmmweeewwww…..

awas tuh tumpah!!!

BIR NYA MAKSUDNYA…!!!!!!!!!
hehehehehehehe……

artikelnya menyegarkan!sipp!

13 07 2008
mayang

oktoberfest adalah tema yg keren abis menurut gw coz pesta terbesar di jerman itu dirayain ga cuma di negara asal muasalnnya itu tp ampir di seluruh penjuru negara di dunia. Pesta bir yg berawal di theresien muenchen itu skrg banyak diadain dikampus2 yg berlebelkan nama JERMAN..Tapi sayang sribu sayang..pesta ini belum pernah terjadi di kampus gw..terutama di jurusan jermannya..gatau knp..mungkin karna faktor pesta poranya itu kali yaa..apalagi minum bir boooo…hihi…di kampus?!:)
but i hope someday this celebrate will be there in my campus!amiennn…
thanx artikelnya..

17 07 2008
rafiq

terima kasih telah mengunjungi blog kami…
ayo dukung terus perkembagan dunia per-BLOG-an..khususnya blok subpok jerman..pokoknya DEUTSCHLAND IST UEBERALLES!:-)
danke untuk komentarnya mas bedu..MEMANG…foto2nya menyegarkan!hehe..
memang klo di oktoberfestnya-jerman semua disajikan secara BESAR2AN..(PESTANYA MAKSUDNYA!!!)😛
peace ah!

1 08 2008
risky

mangny sbgtu bsrny pesta bir ntu?
buknkh stiap saat bs d lakukn, jka hnya pesta minum2 bir,,,,
btw knp ya hanya pd masa pesta bir trsbut mnjdi tradsi hnnga skrng…
tp untk d INA, kykny gbs, cos udh beda adat btulkn pa……k?

1 08 2008
subpokjerman

Ya itulah keunikan suatu negara yang tidak dimiliki oleh negara lain, trims commentnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: